4R (Reduce, Reuse, Recycle, and Repair)

4R (Reduce, Reuse, Recycle, and Repair)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjyR4grnlhxbjQhRfZrIVekBPqSVn4B5j0y7IOQWX_YwrL2HZlz2BQYHsV5qIeJVQTrNj1aaeOBaFNbX4NzsnR1V22XNlB96FehVzwyD_s8UTW-675FYlvfm5XK2xVC7HjkKE-utwZiV0ed/s72-c/Reduce-Reuse-and-Recycle.jpg
Di dunia ini banyak sekali hal yang tidak dapat diatasi, seperti kasus korupsi, kasus obat-obatan terlarang, kemiskinan, dan yang paling kontroversial yaitu sampah. sampah sampai kapan pun tidak dapat dihilangkan, karena setiap makhluk hidup pasti setiap harinya akan menghasilkan sampah, baik itu sampah organik maupun sampah anorganik. bagaimana cara mengatasinya? yaitu harus ada kesadaran dari diri setiap individu yg menghasilkan sampah dan juga harus didukung dengan adanya program 4R, kalian semua tentu pernah mendengar program ini bukan? ya pasti pernah, lalu apa 4R itu? 4R yaitu reduce, reuse, recycle, dan repair.
Reduce (mengurangi): yaitu mengurangi penggunaan barang barang yg dapat menghasilkan terlalu banyak energi dan sampah, apalagi sampah yang susah diurai, seperti sampah plastik, itu sangat susah diurai secara alamiah, butuh waktu yg lama untuk mengurainya. jadi jangan terlalu banyak membeli barang yg banyak kemasannya. gunakan kemasan yg ramah lingkungan, seperti selalu membawa tas belanja saat ingin belanja, jadi kan gak usah menggunakan pelastik lagi untuk mengantongi belanjaan itu, kurangi penggunaan shampoo sachet karena itu termasuk barang yang sekali pakai, gunakan produk yg dapat diisi ulang seperti spidol, pulpen, dsb. lalu kurangi pemakaian energi listrik dengan mematikan lampu saat siang hari. dengan begitu tentu kita akan lebih hemat, dan lebih mengurangi jumlah sampah setiap harinya.
Reuse (Memakai kembali): yaitu memakai kembali barang-barang yang masih bisa dipakai. jadi jangan pakai barang yg disposable (sekali pakai, buang), contohnya pakai kaleng kaleng kecil untuk dijadikan tempat pensil, memakai kembali buku bekas kakak kelas jadi kita tak perlu membeli buku lagi, hal ini dapat memperpanjang waktu pemakaian barang sebelum menjadi sampah. tentu dengan hal ini kita akan lebih hemat, kita kan jadi bisa nabung kalau kita bisa berhemat.
Recycle (Mendaur Ulang): yaitu mendaur ulang barang yang sudah tak terpakai (sampah organik dan anorganik) menjadi barang baru yang bisa dipakai kembali, contohnya lakukan pengolahan sampah organik menjadi kompos, dan olah sampah anorganik menjadi barang yg bermanfaat, seperti tas dari kain bekas atau hiasan dinding dari kulit pisang dan masih banyak lagi.
Repair (Memperbaiki): yaitu usaha perbaikan demi lingkungan, contohnya memperbaiki barang-barang yg rusak seperti baju yg robek bisa dijahit kembali sehingga bisa dipakai lagi tanpa harus membeli baju yang baru, bahkan dalam lingkungan juga ada seperti reboisasi atau penanaman hutan kembali, hal ini bisa memberikan manfaat yang sangat besar.

Nah itu dia yang dimaksud 4R, mudah kan untuk menjalankannya? kalau kalian sudah terbiasa dengan melakukan hal seperti ini pasti kalian akan merasa enjoy dan asik, ga akan rugi deh :)

JANGAN RUSAK LINGKUNGAN HANYA DENGAN SAMPAH! :)
GO 4R GOOOO !
Share this product :

+ komentar + 7 komentar

9 Oktober 2017 pukul 00.11

Anda sudah bosan dan malas karena kalah terus....

Mari gabung bersama dengan kebunpoker.net

rasakan sensasi permainan yang menarik dan spektakuler

http://communitykebunpoker.blogspot.com/2017/10/cara-membuat-pijitan-seksual-payudara.html

contact us :
Telepon : +855967107957
BBM : 2BE3264A

9 November 2017 pukul 21.00

Anda sudah bosan dan malas karena kalah terus....

Mari gabung bersama dengan kebunpoker.net

rasakan sensasi permainan yang menarik dan spektakuler
http://communitykebunpoker.blogspot.com/2017/11/mempertahankan-rasa-cinta-terhadap.html
http://communitykebunpoker.blogspot.com/2017/11/tips-membangun-kepercayaan-terhadap.html
http://suararumput.com/bercinta-dengan-alat-bantu-seks/
http://suararumput.com/manfaat-seks-untuk-kesehatan/
http://bandarkartupoker.blogspot.com/2017/11/jatuh-cinta-dengan-rekan-sekantor.html
http://bandarkartupoker.blogspot.com/2017/11/cara-tepat-menolak-cinta-pria.html
contact us :
Telepon : +855967107957
BBM : 2BE3264A
Yahoo: kebunpoker@yahoo.com

9 Oktober 2018 pukul 07.49

wah makin menambah wawasan makasih infonya gan


mata air le minerale

19 Juli 2019 pukul 19.16

Terimakasih kasih infonya ka, mampir kesini karena sedang mencari referensi tentang 4R untuk bisa diterapkan pda usaha yg sedang saya dan istri jalankan. Sangat membantu

21 Juli 2019 pukul 08.12

Terimakasih informasinya min, ditunggu kunjungan baliknya : Kumpulan Artikel History, Technology, Science, Myth, Fact, Tips and Trick

6 Oktober 2019 pukul 22.48

jadi tau apa itu 4R makasih yah

Elever Media Indonesia

18 November 2019 pukul 02.45

betul kalau dikatakan semua usaha memerangi sampah dimulai dari diri sendiri. namun lebih efektif lagi jika pemerintah turut berperan untuk mendaur ulang sampah apalagi sampah plastik. tidak hanya plastik yang berasal dari barang konsumsi sehari hari tapi juga yang lain seperti mainan anak dari plastik yang sudah tidak terpakai lagi karena sudah rusak.

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Hudi's Blog! - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template | Distributed By: BloggerBulk
Proudly powered by Blogger